Kegiatan Idul Adha 1434 H

Lomba Menyate
Untuk Memperingati Hari Raya Idul Adha, Santriwan dan Santriwati Mahasiswa STIKES Surya Global, mengadakan perlombaan yang tergolong unik. Yakni Bikin Sate ala daerah nusantara.
Idul Adha 1436 H Telah Tiba. Malam Takbiran makin semarak dengan keikutsertaan ikhwan dan akhwat dalam takbir keliling yang diadakan
oleh masyarakat sekitar kampung Blado, Potorono, Banguntapan,  Bantul. Kegiatan itu dimulai selepas pelaksanaan sholat isya’ secara berjamaah, dengan berbekal obor seadanya serta route yang sudah ditentukan oleh masyarakat sekitar masjid Darul Umah  dan di tutup dengan pembagian hadiah yang berupa souvenir cantik bagi peserta yang beruntung.
proses penyembelihan
Pagi harinya masyarakat mengadakan sholat ied secara bersama dengan para mahaiswa stikes SSG, yang mana dalam pelaksanaan dipimpin oleh seorang imam dari kampung terasebut, tepat pukul 07.25 WIB sholat Ied pun dimulai dan berakhir pukul 07.30 saat matahari mulai menampakan panasnya.





 Perasaan haru dan sedih turut menyelimuti saat dilaksanakan penyembelihan seekor sapi di depan PONPES Surya Global Amanah Yogyakarta dengan dihadiri oleh para Petinggi STIKES (P. Gion)  yang membuka acara penyembelihan binatang kurban yang berasal dari warga kampung sekitar, Teriakan para Akhwat juga tampak saat golok ditebaskan di leher sapi yang tampak pasrah tertunduk. Pengerjaan pengulitan selanjutnya dilakukan oleh para ahli dibantu oleh santriwan yang memiliki bakat untuk menjadi jagal binatang kurban.




Sesaat setelah daging siap dibagi, Para Peserta lomba mulai berkumpul dan berbaris untuk siap mengambil daging sapi untuk diolah menjadi makanan yang mempunyai ciri khas dari masing-masing daerah.


Lomba pun dimulai, Pemotongan dilikukan dengan alat seadanya; ada yang memakai pisau, silet, cater, dan lain-lain. Dalam pelaksanaan lomba peserta diwajibkan mengolah daging di depan area Ponpes STIKES SSG. Kepulan asap mulai menyebar di setiap api pemanggangan menjadikan timbulnya aroma yang khas dari pembakaran daging.
Waktu lomba sudah berakhir, masing-masing peserta wajib mengumpulkan hidangan andalan di hadapan Dewan Juri yang tampak tak sabar mencicipi hasil karya Para Generasi Penerus Bangsa yakni di bidang sate-menyate tentunya. Dan hasil dari keputusan Juri, perlombaan dimenagkan Kelompok ikhwan dengan pimpinan kak Aqil sebagai cheff untuk juara 1 (satu) yang masih mempertahankan ciri khas sate Madura, Kelompok Akhwat sebagai juara 2 (dua), dan Kelompok Ikhwan dengan pimpinan sadara Rustam Effendi dengan tema Sapi Gila” sebagai juara 3 (tiga).

Created by : Ar-ruzz

Tidak ada komentar:



TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG SANGSAN3